HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN MEMBACA LABEL GIZI DENGAN KONSUMSI PANGAN KEMASAN PADA REMAJA SMAN 89 JAKARTA TAHUN 2021

Penulis

  • Zulfania Zulfania Institut Kesehatan Indonesia
  • Herman Sudiman Institut Kesehatan Indonesia

Kata Kunci:

Kebiasaan Membaca Label Gizi, Konsumsi Pangan Kemasan, Pengetahuan Label Gizi

Abstrak

Perkembangan era modern, transisi pada gaya hidup manusia berdampak pada perubahan konsumsi pangan masyarakat yang semakin beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan label gizi dan kebiasaan membaca label gizi pada remaja dengan konsumsi pangan kemasan di SMAN 89 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sebanyak 97 orang.
Penelitian dilakukan pada Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dalam bentuk Google form dan wawancara daring. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil uji penelitian diperoleh tidak ada hubungan antara pengetahuan label gizi dengan kebiasaan membaca label gizi (p=0,130) dan tidak ada hubungan antara kebiasaan membaca label gizi dengan konsumsi pangan kemasan (p=0,685) pada remaja di SMAN 89 Jakarta Tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian, perlu ditingkatkan sosialisasi tentang label gizi dan batasan konsumsi zat gizi, agar siswa lebih meningkat pemahaman mengenai informasi pada label gizi dalam mengkonsumsi pangan kemasan.

Diterbitkan

24-03-2022