HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN IKLAN FAST FOOD DI TELEVISI DENGAN POLA KONSUMSI FAST FOOD PADA REMAJA SMK MULTI MEDIA MANDIRI JAKARTA BARAT TAHUN 2021

Penulis

  • Citra Ananda Septianti Institut Kesehatan Indonesia
  • Herman Sudirman Institut Kesehatan Indonesia

Kata Kunci:

Pengetahuan, Iklan Fast Food di Televisi, Pola Makan Fast Food

Abstrak

Tingkat pengetahuan gizi remaja di Indonesia masih tergolong rendah, hal ini
berpengaruh terhadap kurangnya sikap mereka dalam memilih makanan yang bergizi.
Hasil Survei Internasional menyatakan bahwa 67% siaran iklan di televisi di 11 negara
didominasi oleh jenis iklan fast food. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
pengetahuan dan iklan fast food di televisi dengan pola makan fast food pada remaja
SMK Multi Media Mandiri Jakarta Barat Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini
adalah yaitu siswa/i SMK Multi Media Mandiri. Jumlah sampel sebanyak 86 orang
menggunakan metode purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis
univariat dan analisis bivariat yang menggunakan uji statistik chi-square dengan SPSS.
Hasil uji chi-square diperoleh yaitu tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan pola
makan fast food (p=0,233), dan tidak ada hubungan antara iklan fast food di televisi
dengan pola makan fast food (p=0,056) pada remaja SMK Multi Media Mandiri Jakarta
Barat Tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian, perlu ditingkatkan lagi sosialisasi
tentang gizi seimbang, dan menerapkan pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman
(B2SA).

Diterbitkan

24-03-2022